BOOKING TIKET PESAWAT

Terasa dingin

Terasa dingin. Info sangat penting tentang Terasa dingin. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Terasa dingin

Truk Lagoon yang kini tentram dan Tiket Pesawat Terbang bagaimana pun telah menjadi dokumen yang bersejarah. Untuk melindunginya, orang dilarang mengambil sesuatu dari sana. Dan karena itu hingga kini tetap menjadi obyek petualangan yang menyenangkan bagi para penyelam. Ingatan orang menjadi melayang pada perbuatan sia-sia dari peperangan. Kita jadi ingat pada apa yang ditulis oleh Jules Verne pada buku "20.000 Leagues Under The Seas", "Di permukaannya…., manusia boleh saling bertarung, saling memakan sesamanya…., dan saling mempertukarkan kengerian. Tapi tiga puluh kaki dibawah permukaan laut, kekuatannya lumpuh…., kekuatannya sirna…" Pilot? Apa saya akan menulis tentang dunia penerbangan? Ternyata tidak saudara-saudara. Sekarang saya akan bercerita tentang dunia kelautan lagi. Sebab pekerjaan saya erat kaitannya dengan dunia ini. Kali ini ceritanya tentang Pandu. Tapi ini bukan Pandu atau Pramuka yang sering berkemah itu. Dalam dunia maritim ada juga istilah Pandu. Ini bukan sekedar istilah, tapi nama dari sebuah jabatan. Pandu disini, secara internasional disebut Pilot, yaitu orang yang bertugas untuk mengarahkan sebuah kapal saat memasuki atau keluar di suatu kawasan pelabuhan. Biasanya sejak kapal masih berada di ambang luar pelabuhan hingga memasuki kolam pelabuhan untuk berlabuh atau sandar di dermaga, begitu juga sebaliknya. Mengapa Pandu mengarahkan kapal yang sedang memasuki sebuah kawasan pelabuhan? Sesuai nama jabatannya, Pandu akan menuntun kapal tersebut untuk bisa melalui alur yang aman di pelabuhan. Ingat, dasar laut tidak memiliki kedalaman yang sama. Misalnya pada suatu lokasi memiliki kedalaman 25 meter, bisa saja tempat lain yang hanya berjarak 30 meter dari situ ternyata hanya memiliki kedalaman 10 meter saja. Tiket Pesawat Terbang Tentu saja ini akan membahayakan bagi kapal yang tidak sering memasuki daerah perairan disitu, Nakhoda-nya belum hapal seluk-beluk perairannya. Bahaya yang terjadi mungkin kapal akan terjebak dan kandas, lalu terbalik. Byur…. Ngeri, kan. Untuk bisa menjadi seorang Pandu, syaratnya tidak mudah. Seorang Pandu laut harus sudah memiliki pengalaman dalam berlayar dan lulus sekolah pemanduan selama satu tahun yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Menurut Ordonansi Dinas Kepanduan tahun 1927, disebutkan bahwa Pandu hanya sebagai Advisor (pengarah/penasehat) dalam mengarahkan kapal disuatu kawasan perairan. Sedangkan tangungjawab keselamatan kapal tetap pada Nakhoda. Saya pribadi sebenarnya menilai tanggungjawab ini menjadi rancu. Sebab ada kawasan-kawasan tertentu yang mengharuskan kapal dengan ukuran tertentu untuk menggunakan jasa seorang Pandu. Tapi bila terjadi masalah dengan kapal karena Pandu salah memberikan arahan manuver, Nakhoda yang harus bertanggungjawab. Tapi Alhamdulillah hal ini jarang dan mungkin belum pernah terjadi. Di kawasan perairan seperti apa saja yang membutuhkan jasa seorang Pandu?


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger